Cari Sesuatu

Masalah Air Bersih Perkotaan dan Solusinya


Air Sumur yang jernih tapi setelah beberapa jam diam di bak terdapat endapan berwarna kuning 

Penyebab :
Endapan berwarna kuning, berwarna merah, dan merah kecoklatan yang muncul dari air yang sebelumnya jernih disebabkan oleh kadar besi yang tinggi. Kalau air baru keluar dari keran, kandungan besi masih larut sehingga tidak terlihat, jika air sudah bercampur dengan udara dan mengalami proses oksidasi, kandungan besi yang terlarut menjadi butir-butir karat, dan pada akhirnya butiran itu mengendap.

Solusi :
Jika dari awal air memang jernih, cukup hanya memasang satu buah tabung klorin dan dua tabung water filter penyaring air dengan media karbon aktif dan manganese greendsand. tabung klorin dipergunakan untuk meletakkan klorin untuk mempercepat proses oksidasi besi yang terlarut di dalam air, dan 2 tabung penyaring air dengan media manganese greensand akan menyerap kandungan endapan mangan atau besi (butiran karat) di dalam air, tahap kedua dilanjutkan dengan proses pembersihan klorin pada air yang disaring oleh media karbon aktif. 

Mengapa Harus 2 Tabung Filter Penyaring Air? Karena untuk lebih mempermudah dan meringankan sistem kerja media di dalam tabung. 

Pasir Manganese harus dibersihkan kalau sudah kotor. Pembersihan dapat dilakukan dengan menggunakan cairan KMN04. Setelah beberapa lama pasir manganese bisa dipakai kembali. Lamanya proses pembersihan tergantung kadar besi dan kadar manganese dalam air yang disaring. 

Begitu Juga Media Karbon Aktif, Harus dibersihkan bila sudah kotor, media karbon aktif dibersihkan dengan menggunakan sistem backwash yang terdapat pada tabung water filter dengan air biasa.


Air PDAM Berbau Kaporit

Penyebab :
Akibat PDAM Menggunakan Kaporit untuk membunuh kuman dan bakteri di dalam air dalam proses pengolahan air bersih sebelum didistribusikan ke para pelanggan.


Solusi :
Untuk menghilangkan kandungan kaporit dalam air PDAM maka solusi yang kami tawarkan adalah menggunakan tabung water filter dengan media karbon aktif. Selain untuk menghilangkan Bau, Karbon Aktif juga menyerap kandungan kaporit di dalam air PDAM yang sangat berbahaya untuk kesehatan dan fungsi ginjal apabila dalam jangka waktu yang lama dipergunakan untuk kebutuhan sehari-hari rumah.


Air Sumur Keruh

Penyebab :
Sumur Tidak dalam, Alasan Geologis, dan Perubahan Musim


Solusi :
Untuk Menjernihkan air sumur yang keruh, solusi paling hemat adalah menggunakan tabung water filter penjernih air dengan media silica sand filter. Penyaring Air dengan media sand filter ini dapat digunakan untuk menyaring dan menjernihkan air sumur yang keruh dengan umur media yang cukup lama yaitu hingga 5 tahun. Dan selama itu, media tidak perlu diganti, saringan air silica sand penghilang air sumur keruh cukup di backwash sekurang kurangnya seminggu sekali.


Air Saya Kuning

Penyebab:
Air Sumur rumah kuning dan ada lapisan minyak pada permukaannya, Penyebab warna kuning disebabkan oleh adanya kandungan kadar besi yang tinggi dan tidak larut di dalam air, Dan minyak pada permukaan air disebabkan oleh adanya bakteri (Kuman) yang memakan besi itu. kuman memakan besi yang larut menyebakan karat.

Solusi:
Untuk menghilangkan kandungan besi yang tinggi serta karat pada air sehingga menimbulkan permukaan air yang berminyak, maka digunakan peralatan water treatment (pengolahan air bersih) yaitu :
- 3 Unti Tabung Water Filter dengan media: silica sand, manganese greensand dan karbon aktif.
- 1 Unit Tabung Chlorine
untuk memperoleh hasil yang maksimal maka dipergunakan water treatment dengan sistem Aerasi (dengan shower)


Di Bak Mandi Sering Muncul Lapisan Hitam

Penyebab:
Kadar Mangan dalam Air Sumur Tinggi


Solusi:
Jika air dari awal memang jernih, cukup memasang satu saringan air manganese greensand, pasir ini dapat meyerap kandungan mangan/besi di dalam air. Pasir manganese harus dibersihkan kalau sudah kotor dengan cairan KMNo4 dan setelah itu pasir manganese dapat dipergunakan kembali 

Jika dari awal air sudah keruh, saringan air karbon aktif dapat digunakan untuk menyaring kotoran yang tidak larut di dalam air, dan pasir manganese dapat digunakan pada filter kedua untuk meyerap kandungan mangan terlarut.


Air Sumur Berbau Telur Busuk

Penyebab:
Masalah penyebab air sumur berbau telur busuk adalah sumur terlalu dekat dengan tangki septik atau septic tank atau terdapat tanam-tanaman yang tertimbun pada lapisan tanah jauh sebelum sumur dibuat yang bisa saja dulunya daerah itu bekas sawah atau hutan, jadi berdampak pada air sumur berbau akibat tanah bekas sawah atau hutan.


Solusi:
Untuk menghilangkan bau pada air sumur yang disebabkan oleh sumur berbau terlalu dekat dengan septic tank atau dulunya tanah bekas sawah, rawa dan hutan, maka peralatan yang digunakan adalah tabung filter air dengan media silika, jika tidak mampu kami sarankan untuk mengetes kadar H2S (Hydrogensulfide), besi dan juga mangan. Jika Kadar H2S tinggi dan kadar mangan dan Besi Rendah maka peralatan yang digunakan yaitu:
- 2 Buah Tabung Filter Air Fiber Media Silica dan Karbon Aktif
Apabila Kadar H2S dan Besi Tinggi Maka Kami Sarankan menggunakan Tabung Filter Air :
- 2 Buah Tabung Filter Air Fiber Media Manganese dan Karbon Aktif 

Untuk Informasi dan Konsultasi  Masalah Air dan Solusinya
Hubungi Kami 


CV. CRYSTAL JAYA
Water Treatment Specialist in Bali

Teknisi Kami akan datang untuk mengambil sampel air anda dan Konsultasi Masalah Air Anda dan Memberikan Solusi yang Tepat dan Hemat 

HOTLINE:
0811 3922 38 / 0819 9988 1417
Fax. 0361-221231

HOME OFFICE:
Jalan Teuku Umar Gang Rajawali No. 2 
Denpasar - Bali
80114


- Water Treatment Specialist - Water Filter Purifier System in Bali - Penyaring & Penjernih Air Sumur -